Minggu, 04 Desember 2016

makalah media pembelajaran



1.       Simbol Verbal
Pengalaman yang diperoleh melalui penuturan kata-kata. Sehingga dalam mendapatkan pengalaman, seseorang mendapatkan dengan cara mendengarkan orang lain.belajar menggunakan media ini bisa 10% diingat. Contoh: seseorang yang mendengarkan ceramah, dapat mendapatkan pengalaman dari apa yang di bicarakan, meski tidak mengalami secara langsung.
2.      Simbol Visual
      Pengalaman yang diperoleh melalui simbol yang dapat dilihat seperti grafik, bagan, diagram. Edgar dale (1963) mengatakan bahwa gambar dapat mengalihkan pengalaman bela|ar dan taraf belajar dengan lambang kata-kata taraf yang lebih konkrit (pengalaman langsung). Contoh: guru akan menjelaskan terjadinya letusan gunung berapi maka pebelajar akan lebih mudah menangkap gambar dari pada uraian guru dengan kata-kata. belajar menggunakan media ini bisa 20% diingat
3.      Rekaman Radio
Pengalaman yang diperoleh melalui siaran radio atau rekaman suara. Media dari rekaman radio ini lebih ekonomis, tahan lama, dan mudah digunakan, seperti rekaman suara, musik, atau suara-suara yang lain. Mudah digunakan, sehingga para pengajar dapat mengembangkan sendiri aplikasinya dengan berbagai inovasi. Contoh: dalam ujian bahasa Inggris soal listening menggunakan media rekaman, sehingga mendapatkan pengalaman hanya dengan mendengarkan rekaman. belajar menggunakan media ini bisa 30% diingat
Pengalaman yang diperoleh melalui gambar mati, slide, fotografi. merupakan suatu gambar diam yang transparan, namun perbedaanya ialah bahwa pada filmstrip gambar tidak dipertunjukkan satu per satu yang terlepas satu sama lain, melainkan merupakan suatu rangkaian film. Contoh: guru menampilkan presentasi slide dalam mengajar. belajar menggunakan media ini bisa 30% diingat
4.      Televisi
Pengalaman yang diperoleh melalui televisi pendidikan. Televisi pendidikan adalah sebuah stasiun televisi di Indonesia yang khusus ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan sebagai media pendidikan pembelajaran masyarakat. Contoh: penayangan Talkshow pengajian distasiun televisi. belajar menggunakan media ini bisa 50% diingat
5.     Gambar HidupPameran
Pengalaman yang diperoleh melalui pameran. Mendapatkan pengalaman melalui mengunjungi suatu pameran. Contoh: mengunjungi pameran arsitek rumah minimalis. belajar menggunakan media ini bisa 50% diingat
6.      karyawisata
Pengalaman yang diperoleh melalui karya wisata. Jika kita berkarya wisata, biasanya kita melihat kegiatan apa yang sedang dikalukan orang lain. Dalam karya wisata ini pebelajar mengamati secara langsung dan mencatat apa saja kegiatan mereka. Peserta didik lebih mengandalkan pengalaman mereka dan tidak perlu memberikan banyak komentar, biarkan mereka berkembang sendiri. Contoh: karya wisata ke pembuatan redimix (campuran beton). belajar menggunakan media ini bisa 70% diingat
  
7.      Pengalaman Yang di Dramatisasi
Pengalaman yang diperoleh melalui permainan, sandiwara boneka, permainan peran, drama social. Kita tidak mungkin mengalami langsung pengalaman yang sudah lalu. Contohnya seperti pelajaran sejarah. Apakah kita mengalami langsung sejarah itu? Tentu tidak. Contoh: melihat pertunjukan drama. Maka dari itu drama berperan dalam hal ini. Sejarah yang kita pelajari bisa kita jadikan drama untuk pembelajaran. Mengapa drama? Karena dengan drama si pebelajar dapat menjadi semakin merasakan langsung materi yang dipelajarkan. Jika kita bisa membagi dua bagian ini, maka bagian akan terbagi menjadi partisipasi dan observasi. Partisipasi merupakan bentuk aktif secara langsung dalam suatu drama, sedangkan observasi merupakan pengamatan, seperti menonton atau mengamati drama tersebut. belajar menggunakan media ini bisa 70% diingat
8.  Pengalaman benda tiruan atau pengamatan
Pengalaman yang diperoleh dari kontak melalui model, benda tiruan, atau simulasi. Tingkat kerucut ini sudah mulai mengurangi tingkat kekonkritannya. Dalam tahap ini si pebelajar tidak hanya belajar dengan memegang, mencium atau merasakan tetapi sudah mulai aktif dalam berfikir. Contohnya: seperti seorang pebelajar yang diinstruksikan membuat bangunan atau gedung. Disini pebelajar tidak membuat gedung sebenarnya melainkan gedung dalam artian suatu model atau miniature dari gedung yang sebenarnya. belajar menggunakan media ini bisa 70% diingat.
9.  Pengalaman Langsung
Pengalaman yang diperoleh dari kontak langsung dengan lingkungan, obyek, binatang, manusia, dan sebagainya, dengan cara perbuatan langsung. Dasar dari pengalaman kerucut Dale ini adalah merupakan penggambaran realitas secara langsung sebagai pengalaman yang kita temui pertama kalinya. Ibarat ini seperti fondasi dari kerucut pengalaman ini, dimana dalam hal ini masih sangat konkrit. Dalam tahap ini pembelajaran dilakukan dengan cara memegang, merasakan atau mencium secara langsung materi pelajaran. Contoh:  anak Taman Kanak-Kanak yang masih kecil dalam melakukan praktik menyiram bunga. Disini anak belajar dengan memegang secara langsung itu seperti apa, kemudian menyiramkannya kepada bunga. belajar menggunakan media ini bisa 90% diingat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar